+62 741 583183
  lpm@uinjambi.ac.id

Jumat, 12 Februari 2021 | 15:21:45 WIB   16

Jambi (lpm.uinjambi.ac.id)-Adanya system akreditasi program studi yang baru mengharuskan program studi yang masih memiliki peringkat akreditasi berdasarkan system akreditasi lama untuk melakukan konversi peringkat akreditasi. Konversi peringkat akreditasi tersebut dilakukan dengan cara menyusun laporan konversi peringkat akreditasi (LKPA) dan mengajukannya kepada BAN-PT. Oleh karena itu, LPM sebagai lembaga yang bertugas menjaga dan mengontrol mutu institusi mengadakan kegiatan khusus guna membahas hal-hal mengenai konversi peringkat akreditasi  tersebut dan penyusunan DTPS. Pembahasan hal tersebut dilakukan pada kegiatan Ngopi Jamu sesi 2 yang dilaksanakan pada Kamis, 11 Februari 2021 yang bertempat di Ruang Rapat LPM. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembangaan di lingkup UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Pada sela-sela kegiatan tersebut, Ketua LPM menyampaikan bahwa konversi peringkat akreditasi merupakan suatu keharusan bagi kita sebagai penyelenggara program studi.

“Berdasarkan peraturan BAN-PT terbaru, peringkat akreditasi terdiri dari baik, baik sekali, dan unggul. Oleh karena itu, peringkat akreditasi program studi kita yang masih dalam bentuk C, B, dan A berdasarkan system akreditasi lama harus dikonversikan,” tegas beliau dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu, Sekretaris LPM menyampaikan bahwa penyusunan LKPA tidak sesulit menyusun instrument akreditasi Sembilan kriteria.

“Penyusunan LKPA atau ISK tidak sesulit penyusunan boring akreditasi Sembilan kriteria. Oleh karena itu, bagi saya hal ini merupakan peluang bagi kita dan kita harus memastikan DTPS kita sesuai dengan ketentuan skor LKPA ini,” ungkap beliau dalam kegiatan tersebut.

Pada akhir kegiatan, Para Wakil Dekan Bidang Akademik Dan Kelambagaan menyatakan komitmennya untuk menyusun LKPA dan meminta LPM untuk membantu dalam proses penyusunan LKPA tersebut.

Share on:

© Copyright 2021 TeamIT