icon

Phone :

+62 741 583183

Email :

lpm@uinjambi.ac.id
Gambar

Revolusi Pendidikan dengan Merdeka Belajar - kampus Merdeka (MBKM)

Jambi, 31 Agustus 2022

Dalam rangka menyempurnakan kurikulum Program Studi yang berimplementasi kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM), pada hari kedua ini dihadiri oleh tiga Fakultas  seperti Syariah, Ushuludin dan Dakwah. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua LPM Dr. Dian Musydah, M.Ag dengan Narasumber Drs. Ir. Syahrial, M.Si sebagai Tim Ahli Kurikulum MBKM di Universitas Jambi. Kegiatan ini dilaksanakan Rabu,  31 Agustus 2022 pukul 08.30 s/d 16 WIB. bertempat di ruang Aula Fakultas Saintek UIN STS Jambi Kampus telanai.

Dalam Sambutannya ketua LPM mengatakan MBKM ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, serta menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Kemudian dilajutkan oleh Kapus LPM Dr. Zarfina Yenti mengatakan kita harus belajar dari unja yang terlebih dahulu berhasil penerapan MBKM dan meraih peringkat kedua terbaik  dalam  MBKM.

Perubahan Paradigma pendidikan muncul pada tahun 2020 seperti revolusi pendidikan yang dimana perkuliah mahasiswa bisa dilakukan dimana saja. sehingga menimbulkan Kebijakan merdeka belajar yang merupakan hak mahasiswa jadi setiap prodi wajib memfasilitasi keinginan mahasiswa. Drs. Ir. Syahrial, M.Si. menjelaskan Ada beberapa indikator yang perlu di perhatikan dalam penerapan MBKM seperti Kualitas Lulusan, Kualitas Belajar, Kualitas Dosen, pengawasan terhadap mahasiswa baik di luar maupun di dalam kampus. Praktisi dan standar internasional semua itu harus di evaluasi mulai lulusan hingga proses pembelajaran.


Share on: