icon

Phone :

+62 741 583183

Email :

lpm@uinjambi.ac.id
Gambar

Tiga wakil LPM UIN Jambi ikuti pertemuan nasional penjaminan mutu

Dalam rangka ekselerasi dan peningkatan mutu program studi perguruan tinggi LPM UIN STS Jambi menghadiri acara pertemuan Forum Lembaga Penjaminan Mutu PTKIN se-indonesia yang diwakili Oleh Sekretaris LPM Dr. Jamuluddin, M.Pd, Kapus LPM Drs. Ilyas Idris, M.Pd dan Staf LPM Zainal, M.Pd dengan tema Penjaminan Mutu dan Evaluasi Percepatan Akreditasi Program Studi PTKI yang diadakan oleh Kementerian Agama di Lombok selama tiga hari dari 22 sampai 24 Juni 2022 dimulai pukul 20.00 WITA. di Hotel Aruna Segigi. Lombok. NTB.

Acara dibuka oleh Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama M. Adib Abdushomad. Dalam sambutannya beliau minta agar PTKIN terus meningkatkan mutu kelembagaan  perguruan tinggi Islam sehingga mampu menjadi rujukan dunia. Acara pembukaan dihari oleh Rektor UIN Mataram  Prof . Masnun Tahir, Zidal Huda (kasi Bina Prodi), Presidium LPM PTKIN- s Nasional, dan Ketua LPM UIN Mataram. dalam kesempatan ini para peserta bisa saling kenal, saling sapa, dan saling bertukar pikiran. Pertemuan ini memang diagendakan rutin dilaksanakan, para pejabat LPM di tiap perguruan tinggi di LPTKIN akan terus berganti.  Jadi dengan forum ini bisa dimanfaatkan sebagai forum silaturrahim dengan begitu Mutu pendidikan tinggi bisa menjadi ajang evaluasi dalam tingkat kesesuaian antara penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan Standar Pendidikan Tinggi yang terdiri atas Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Standar Pendidikan Tinggi yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi.

Pembahasan dalam kegiatan itu adalah LPM sebagai lembaga yang konsen terhadap mutu harus mampu mengikuti perkembangan dunia pendidikan yang saat ini terus menerus mengalami perubahan. Terkait dengan kebijakan baru kampus merdeka dan merdeka belajar, PTKI diharapkan harus mampu melakukan kolaborasi dengan perguruan tinggi lain tidak hanya PTKI namun dengan kampus lain secara nasional maupun internasional. Forum Penjaminan Mutu ini sangat penting untuk bisa saling menguatkan dengan adanya forum ini Kementerian Agama akan bisa melakukan evaluasi terhadap program studi (prodi) di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), baik negeri maupun swasta, yang terbukti tidak mengikuti peraturan. Dan forum ini membahas evaluasi program studi yang belum terakreditasi sehingga bisa di percepat proses akreditasi dalam meningkatkan kualitas mutu akademik perguruan tinggi.


Share on: