icon

Phone :

+62 741 583183

Email :

lpm@uinjambi.ac.id
Gambar

LPM Gelar Rekrutmen dan Refreshment Asesor BKD Nasional UIN STS Jambi

Kegiatan Rekrutmen dan Refreshment Asesor BKD Nasional yang diadakan oleh LPM Uin Sts Jambi yang dilaksanakan pada hari Selasa, 17 Mei 2022. Yang di mulai pada pukul 07.30 Wib. Atensi yang cukup besar diberikan oleh setiap peserta kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid dimana tim narasumber dari Dirjen Perguruan Tinggi, Ristek dan Teknologi hadir secara daring pada ruang zoom meeting, dihadiri oleh 96 peserta calon Asesor. Prof. Dr. H. Su'aidi, M.A, Ph.D, selaku Rektor Uin STS Jambi membuka kegiatan dengan menyampaikan apresiasi yang besar kepada seluruh peserta dan berharap hasil rekrutmen asesor ini dapat mendapatkan hasil maksimal yakni setiap peserta dapat memperoleh NIRA Nasional.

Iwan Winardi mengawali pemaparan materi berkaitan dengan paparan arah kebijakan BKD tahun 2021. berkenaan dengan perbedaan Pedoman Operasional BKD APDA TAHUN 2010 dengan 2021. Narasumber kedua disampaikan oleh Prof. Rambat Nur Sasongko menjelaskan tentang syarat kelulusan asesor agar berhasil mendapatkan NIRA Nasional. PO BKD terbaru khususnya berkaitan pada regulasi, kewajiban, dan implementasi matriks PO BKD pada setiap status dosen yakni dosen biasa, dosen dengan tugas tambahan, dan guru besar serta komponen kegiatan dosen dalam BKD 2021 yakni; 1) mencakup semua kegiatan tridharma perguruan tinggi, 2) unsur, sub-unsur dan kigiatan sesuai dengan PO PAK, 3) jumlah kegiatan tiap sub unsur, dan 4) Berkontribuasi pada percapaian IKU PT. Sesi ini cukup mendapat ruang pertanyaan dari beberapa peserta, pasalnya UIN STS Jambi sendiri masih menggunakan PO BKD lama yakni 2010. Perubahan PO BKD pada PO BKD 2021 masih dalam masa transisi, sehingga konten PO masih menjadi hal baru bagi para peserta.

Materi ketiga dilanjutkan oleh Bapak Rizki Tito Prasetyo pengisian  aplikasi SISTER BKD khususnya pada mapping data portofolio BKD. Data Pokok, data Tridharma dosen dan data Pendukung. SISTER termasuk pada aplikasi penting dalam menunjang kelancaran proses BKD Nasional secara online. Aplikasi SISTER sendiri akan dijadikan sebagai salah satu indikator kelulusan pada tes keterampilan asesor BKD. Berlanjut pada sesi siang, peserta melaksanakan tes kompetensi dan keterampilan sebagaimana rundown kegiatan. Pelaksanaan tes dibantu dengan pengarahan Euis Istiqomatul Fitriyyah pada bagian tes kompetensi dan tes keterampilan. Tes berlangsung relatif lancar walaupun terdapat beberapa kendala terutama saat peserta mulai melakukan pengisian data. Namun semua itu dapat diatasi oleh koordinasi dan kerjasama dari panitia internal LPM dan tim narasumber. Kegiatan berakhir pada pukul 16.00 Wib seiring dengan berakhirnya waktu pengerjaan tes keterampilan oleh para peserta kemudian kegiatan tersebut di tutup oleh Dr. Rafiqoh Ferawati Wakil Rektor bidang Akademik dan kelembagaan Uin STS Jambi..


Share on: